Kamu Harus Tahu BI Keluarkan Aturan Kewajiban Penggunaan Rupiah

Kategori

Melonjaknya nilai pindah rupiah waktu terakhir ini menggerakkan Bank Indonesia mengharuskan penduduk buat gunakan mata uang rupiah dalam tiap-tiap transaksi di Indonesia. Seperti tercantum dalam konsideran Ketentuan BI No. 17/3/PBI/2015, pemanfaatan rupiah dalam tiap-tiap transaksi dapat jadi kunci buat menyuport tercapainya stabilitas nilai pindah rupiah. Soal itu yg menggerakkan BI kelanjutannnya memastikan kalau mulai sejak 1 April, semua transaksi mesti gunakan rupiah. 

Penataan terkait pemanfaatan mata uang rupiah tersebut telah tersebut dalam UU No. 7 Tahun 2011 terkait Mata Uang. Di Kasus 23 ayat (1) ditata kalau rupiah jadi alat pembayaran atau penyelesaian keharusan dalam transaksi keuangan di negeri. Akan tetapi, ketetapan dalam UU itu mengecualikan ada penerimaan rupiah dalam soal ada kesangsian atas keasliannya. 

“Peraturan BI ini memang adalah turunan dari undang-undang mata uang, ” tutur Pelaksana Pekerjaan Kepala Departemen Pengaturan Uang BI, Eko Yulianto, Jumat (10/4) . 

Eko memaparkan, latar belakang dikeluarkannya PBI merupakan buat pastikan pemanfaatan rupiah dalam tiap-tiap transaksi yg berlangsung di Indonesia. Masalahnya pihaknya menengarai sampai saat ini terdapat banyak transaksi yg dilaksanakan dalam mata uang asing. Oleh karena itu, rupiah makin tertekan. 

“Masih ada yg gunakan valuta asing serta itu berikan desakan pada rupiah, ” tuturnya. 

Di Kasus 2 PBI ditata kalau transaksi yang perlu gunakan rupiah merupakan transaksi yg maksudnya adalah untuk pembayaran, penyelesaian keharusan beda yang perlu dipenuhi akan uang, atau transaksi keuangan yang lain. Seluruhnya diperjelas lewat cara eksplisit kalau tiap-tiap transaksi yang perlu gunakan rupiah merupakan berbentuk tunai atau non-tunai. Namun, PBI masihlah memberikannya kelonggaran berbentuk pengecualian. 

Kasus 4 menyebutkan, pengecualian pemanfaatan rupiah dapat dilaksanakan pada transaksi spesifik sebagai penerapan biaya penerimaan serta berbelanja negara. Diluar itu, penerimaan atau pemberian hibah dari serta ke luar negeri atau transaksi pembiayaan internasional ikut bisa gunakan mata uang asing. Simpanan di bank berbentuk valuta asing lantas masihlah diijinkan. 

“Hanya saja, penerimaan atau pemberian hibah dari serta ke luar negeri atau transaksi pembiayaan internasional hanya terbatas buat aktivitas yg salah satunya pihaknya berkedudukan di luar negeri, ” jelas Eko. 

Transaksi berbentuk valuta asing ikut masihlah diijinkan. Namun, seperti ditata dalam Kasus 5 transaksi itu hanya terbatas buat kegiatan-kegiatan yg dipastikan oleh undang-undang. Transaksi hanya terbatas itu salah satunya buat aktivitas usaha dalam valuta asing yg dilaksanakan oleh bank. Transaksi yang lain merupakan transaksi surat bernilai yg diluncurkan oleh pemerintah berbentuk valuta asing di pasar perdana serta pasar sekunder 

Disamping itu, penerapan biaya penerimaan serta berbelanja negara yg bisa gunakan valuta asing laku buat aktivitas yg tersebut dalam Kasus 6 PBI. Aktivitas itu merupakan pembayaran utang luar negeri atau utang dalam negeri yg gunakan valuta asing. Berbelanja barang serta modal di luar negeri lantas bisa tak gunakan rupiah. Diluar itu, ada juga pengecualian buat penerimaan negara yg datang dari penjualan surat utang negara dalam valuta asing. 

“Bagi yg melanggar, ada sangsi yg cukuplah tegas yakni pidana kurungan sangat lama 1 tahun serta denda sangat banyak Rp 200 juta, ” makin Eko. 

PBI ini laku per 1 April 2015. Akan tetapi, ada penilaian atau jaman perubahan buat transaksi non tunai hingga 30 Juni buat mengakhiri kesepakatan apabila telah diatur dalam valuta asing. Disamping itu, kesepakatan tercatat yg dibikin sebelum taggal 1 Juli 2015 terus laku hingga berakhirnya kesepakatan tercatat itu. 

Namun, kesepakatan tercatat itu cuma laku buat pembayaran atau penyelesaian keharusan dalam valuta asing dalam transaksi non-tunai. Sesudah itu, perpanjangan serta pergantian yg berlangsung lantas pada kesepakatan itu mesti tunduk pada PBI. 

“BI lakukan pengawasan pada kepatuhan tiap-tiap pihak dalam menjalankan keharusan pemanfaatan rupiah ini, ” tangkisnya.


Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

削除
Kamu Harus Tahu BI Keluarkan Aturan Kewajiban Penggunaan Rupiah
    Komentar(0)